DON MUANG AIRPORT BANGKOK

senja sekitar jam 6, kita mendarat di bandara Don Muang Airport Bangkok. kita menempuh waktu 2 jam perjalanan dari kuala lumpur menuju bangkok. bandara ini merupakan Bandara Internasional Bangkok (Lama) atau dikenal juga sebagai Bandara Internasional Don Muang. Bandara ini resmi dibuka pada 27 Maret 1914 dan sekarang telah memiliki 2 terminal internasional dan 1 terminal domestik. Bandara ini digantikan oleh Bandara Suvarnabhumi yang pembangunannya sudah dimulai sejak 2002 dan selesai pada 2006. hmmm tulisan yang diliat udh mulai beda, huruf thailand smua hahha. turun pesawat kita langsung menuju imigrasi, bnyak rombongan dari kor, jepang dll. ngantri deh. kalian gausah bingung di negeri dengan tulisan yang kita tidak mengerti, tenang pasti ada bahasa inggrisnya kok. klo gaada yaaaa dikira-kira aja hahha. beres dari imigrasi kita jalan turun eskalator untuk ambil bagasi. kluar pintu bandara ke kanan ya guys buat nyari bus menuju tujuan. Nah, di bawah ini adalah berbagai opsi transportasi dari/ke bandara Don Muang - pusat kota Bangkok:

1. Tranportasi antar bandara Suvarnabhumi dan Don Muang : Bus No.555 Suvarnabhumi-Don Muang - Bus No.554 Suvarnabhumi-Rangsit (bus berhenti di depan bandara Don Muang)
  2. Taksi : Terdapat konter taksi resmi yang menggunakan argometer di luar area kedatangan bandara Don Muang. Biaya rata-rata untuk perjalanan ke pusat kota Bangkok adalah antara 400 – 500 THB. Untuk perjalanan dari bandara ke pusat kota dikenakan biaya tambahan sebesar 50 THB dan biaya jalan tol sebesar 30-50 THB. Sangat disarankan untuk tidak menyewa taksi non-argometer yang kebanyakan akan datang menghampiri calon penumpang di dalam gedung kedatangan karena Anda rawan menjadi objek pemerasan saat di perjalanan.
  3. Bus Kota : Di bawah ini adalah beberapa bus kota yang melayani perjalanan dari bandara Don Muang ke pusat kota Bangkok. Tiket bus rata-rata berkisar antara 20-50 THB sekali jalan. Regular Bus (tanpa AC): Route 29 Airport – Bangkok Railway Station (Hua Lamphong), Route 59 Airport – The Emerald Buddha Temple (Sanam Luang), Route 95 Airport – Ram Indra Rd. – Ramkhamhaeng Rd. Bus Kota dengan AC: Route 4 Airport – Silom Rd. , Route 29 Airport – Victory Monument – Bangkok Railway Station (Hua Lamphong) , Route 10 Airport – Victory Monument – Southern Region Bus Terminal , Route 13 Airport – Sukhumvit Rd. – Eastern Region Bus Terminal. Cara paling hemat Gunakan shuttle bus (gratis) untuk mencapai terminal bus di Transport Center. Dari Transport Center ini kita dapat memilih bus umum sesuai rute tujuan kita. Harga tiketnya adalah 35 Baht per orang.
  4. Kereta api : Anda juga bisa menumpang kereta api dari stasiun di dekat bandara menuju pusat kota Bangkok. Don Muang Train Station terletak di seberang jalan bebas hambatan dan tepat di Amari Airport Hotel. Interval keberangkatan kereta api adalah 30-60 menit (atau setiap 75-90 menit saat akhir minggu). Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 60-75 menit untuk bisa tiba di stasiun kereta api Hua Lamphong, di pusat kota Bangkok. Tiket sekali jalan 50 THB.
  5. Airport Express bus : Bus ini memiliki 4 rute dan akan mengantarkan ke beberapa hotel ternama di Bangkok. Tarifnya 150 baht per orang. Jam operasi dari pukul 5 pagi – tengah malam. Detailnya dapat dilihat di sini
klo kalian bermaksud untuk berangkat dari airport ini untuk kembali ke Indonesia dan perut mulai berontak minta diisi, ada baiknya kalian mencari Burger King, karena selain menjual makanan dengan harga yang paling hemat dibanding tempat lain juga disana menyediakan meja dengan outlet listrik yang cukup banyak, jadi kalian bisa mengisi baterai handphone, laptop maupun game console (PSP, NDS) sambil menunggu pesawat Anda tiba.berhubung kita anak muda dengan semangat dan tenaga yang membara, kita naik bus kota aja dah yang ngirit.

BTS & MRT BANGKOK

penginapan berada di daerah silom, Sebenarnya ada cukup banyak alternatif transportasi umum dari bandara Don Mueang. Cara yang paling murah adalah menumpang bus nomor 29 karena kita mau berenti di mo chit. sampai di pemberhentian bus di mo chit , nah d situ ada tangga buat akses ke BTS subway. pembelian tiket BTS atau MRT Ada 2 cara , pertama bisa langsung beli di counternya. Kedua beli di mesin pembelian tiket. Berikut cara membeli tiket di mesin pembelian tiket.

1. Ubah bahasa dari Thailand ke Inggris, kecuali kalau sudah tahu bahasa Thailand Tombolnya ada di pojok kanan.
  2. Pilih stasiun tujuan, usahakan sebelum beli tiket kita sudah tahu stasiun tujuan kita. Setelah itu muncul harga tiket.
  3. Masukan uang ke dalam mesin. Uang yang diterima hanya pecahan 100, 50, dan 20 untuk uang kertas. Untuk uang receh yang diterima hanya koin 10, 5, dan 1. Koin 2 Baht tidak diterima
  4. Tunggu sampai proses pembelian selesai. Untuk BTS menggunakan kartu, sedangkan untuk MRT menggunakan token. Uang kembalian bisa diambil di bagian bawah mesin. Khusus untuk MRT, tempat mengambil kartu dan uang kembalian sama.

Mesin pembelian tiket ada 2, ada yang khusus uang koin saja, ada yang menggunakan uang kertas. Kalau tidak punya uang koin bisa tukar di konter pembelian tiket. Harga tiket tergantung jarak antar stasiun. Membeli tiket di mesin khusus uang koin agak sedikit berbeda. Kita tidak perlu menggunakan langkah-langkah di atas. Kita hanya perlu menekan tombol sesuai harga stasiun tujuan kita. Info harga tersedia di samping mesin.

SUMBER PHOTO : www.thaivisit.org

tiketnya bisa dalam bentuk bulatan (chip) atau dalam bentuk kartu kalau di kartu itu bagusnya ada map nya (kalau tiket MRT Sngapura kan gak ada informasi seperti itu) tapi kereta di Bangkok, di dalamnya suka gak ada penanda stasiun yang akan dilalui,

SUMBER PHOTO : http://www.bangkokmrt.com/

SUMBER PHOTO : travel.kompas.com

1. This comment has been removed by the author.

2. Terima kasih infonya.

"Toko Online Grosir Busana Baju Muslim Maxi Gamis Dress Murah"
    www.iyesh.com

3. Mba mau nanya, kalo dari madame tussaud mau ke don mueang tranporati alternatifnya apa aja ya? Terimakasih

4. Kalau dari dmk mau ke mbk mall naik apa ya

5. pengalaman saya Dari Airport bisa naik bus express nomor A1 atau A2 mbak, Naik bus ini langsung dari pintu keluar arrival hall, keberangkatan setiap 20 menit. Lalu turun di Mo Chit ntar kita bisa sambung dengan masuk ke MRT Chatuchak Park Station menuju siam atau national stadium. itu nnti tinggal jalan aja mbak, bnyak mall mall bisa mlipir2 dlu hehhe

6. Halo,, Salam Kenal
    saya Gladys rencana ke bangkok n phuket tgl 22 Mei bulan depan. pesawat (Airasia) saya dari JKT-DMK sampai pk. 16.20, dan kami hendak melanjutkan penerbangan ke phuket di bandara DMK juga Pk. 20.55.
    saya ingin tanyakan, dalam waktu kosong selama itu.. kira2 ada fasilitas apa di bandara DMK untuk menghabiskan waktu. Terima kasih

1. halo... salam kenal kembali mbak, sebelumnya terimakasih sdah mampir ke blog saya.
      klo sejauh mata memandang di bandara DMK mungkin cma bisa duduk2 cantik d mcD apa d subway mbak, soalnya ya gitu2 aja mbak kaya di Jakarta mbak.

7. Halo,, Salam Kenal

8. Hallo salam kenal, saya ada rencana ke Thailand, saya turun di DMK, perencanaan saya akan menginap di daerah khaosan rd, menurut mbak wisata apa saja yg bisa di kunjungi dari daerah khaosan rd. Trims

9. Hallo salam kenal, saya ada rencana ke Thailand, saya turun di DMK, perencanaan saya akan menginap di daerah khaosan rd, menurut mbak wisata apa saja yg bisa di kunjungi dari daerah khaosan rd. Trims

10. Halo salam kenal, sy mau nanya kl dari terminal 1 DMK ke terminal 2 apa disediakan shuttle bus? Terimakasih.

11. Halo salam kenal, sy mau nanya kl dari terminal 1 DMK ke terminal 2 apa disediakan shuttle bus? Terimakasih.

12. Selamat malam...maaf mau nanya kalo di air port DMK apa ada taxi semacam avanza yg seatnya banyak.

1. halo kak salam kenal, maaf nih klo telat balasnya. banyak kak, ada mini bus elf itu sama taksi kaya avanza kok. langsung aja ke loket yang ada di pintu kluar klo kita mau kluar kak. nnti disana ada pilihahannya.. mau pake untuk brpa org dll gtu nnti ada kuotanya kok mobil-mobilnya. semoga jawabannya membantu :)